5 Tips Merawat Smartphone Agar Terhindar Dari Kerusakan - politico
News Update
Loading...

Dec 18, 2019

5 Tips Merawat Smartphone Agar Terhindar Dari Kerusakan

Tips Merawat Smartphone

Maks Pedia - Smartphone saat ini menjadi perangkat yang sangat penting untuk dibawa kemana-mana. Mayoritas orang di zaman sekarang menjadikan handphone sebagai benda paling berharga yang harus mereka bawa kemanapun mereka pergi.

Rasa sulit membayangkan seharian tanpa menggunakan HP, apalagi millennial yang kebanyakan menggantungkan hidup pada smartphone ketimbang benda lainnya.

Namun tahukah kalian beberapa kebiasaan sehari-hari yang tanpa kita sadai ternyata malah meningkatkan risiko merusak HP yang kita miliki, dan pada kesempatan kali ini Maks Pedia ingin memberi Tips Merawat Smartphone agar terhindar dari Kerusakan.

5 Tips Merawat Smartphone


1. Membawa Handphone ke kamar mandi atau toilet


Nah ini kebiasaan yang mungkin masih sering kalian lakukan, kalau iya baiknya berhenti dari sekarang. Apa sih bahayanya? Pertama HP kamu berisiko untuk jatuh ke air dan rusak. Tahu sendirikan barang elektronik pantang untuk terkena air, kecuali barang-barang elektronik tertentu yang memang spesifikasinya water resistant. Namun yang tak kalah penting adalah jika HP kalian terhubung ke charge atau pengisi daya dan jatuh ke bak mani, bakalan nyetrum dan berakibat fatal.

2. Melakukan Pengisian Daya atau Charging HP semalaman bisa membuat baterai cepat rusak


Kebiasaan lazin yang satu ini sering sekali dilakukan, mengisi daya semalaman harapannya bisa penuh ketika bangun tidur saat pagi. Sebenarnya tidak ada bahaya soal masalah ini, namun jika dilakukan terlalu sering akan membuat baterai HP kamu cepat rusak. Hal ini bisa beakibat fatal karena salah satu kerusakannya ialah berkurangnya kapasitas pada baterai, Selain itu baterai dengan jenis Lithiu-ion tidak memerlukan tegangan penuh karena tegangan tinggi cepat hari menghabiskan baterai. Intinya adalah baterai kamu akan cepat rusak jika kamu sering membiarkan smartphone di charge semalaman.

3. Membersihkan HP dengan bantuan bahan kimia


Kalau kamu tidak ingin smartphone kamu cepat rusak, hindarilah penggunaan bahan kimia saaat membersihakn smartphone kamu. Karena hal ini bisa mempercepat kerusakan pada smartphone. Jangan sekali-kali membersihkan layar dengan cairan yang mengandung amonia atau zat lainnya yang dapat merusak lapisan antisistatik dan anti reflektif yang ada pada layar smartphone kamu. Tahukan kamu jika kebiasaan ini sering dilakukan maka senyawa yang terdapat pada bahan kimia tersebut bisa mengakibatkan munculnya retakan, menguning, kekeruhan pada layar smartphone.

4. Kebiasaan memakai HP sampai ngedrop


Baterai smartphone dengan jenis Lithium-ion telah diprogram dengan sejumlah siklus pemakaian dari 100% hingga 0% hanya bertahan dengan beberapa ratus suklus saja. Kapasitas baterai tersebut bisa berkurang sendirinya selama masa pemakaian yang terlalu sering, Oleh sebab itu, sebaiknya kamu tidak menunggu sampai smartphone kamu benar-benar mati atau ngedrop. Jika kamu mendapati baterai dengan idikator Low Battery, segeralah untuk mengisi ulang. agar terhindar dari masalah kerusakan lainnya.

5. Jangan menggunakan charger KW


Jangan menggunakan kepala charger sembarangan. Kebiasaan ini ternyata dapat mempercepat kerusakan pada smartphone kamu. Hal ini biasanya sering dilakukan oleh pengguna smartphone. Terutama saat bepergian dan lupa membawa charger, nah biasanya kamu akan meminjam punya teman atau pacar. Yah memang charger yang kamu pinjam berfungsi dengan baik dan menambah daya baterai, namun bukan bearti pengisi daya tersebut kompatibel dengan smartphone kamu.

Nah itulah kebiasaan yang ternyata bisa Mempercepat Kerusakan Pada Smartphone,  Hal ini karena terdapat chip khusu didalam smartphon yang memiliki fungsi tertentu dan sistem tersebut bisa mengalami kerusakan oleh penggunaan yang sembrono.

Oleh karena itu, bijaklah dalam Merawat Smartphone kamu agar kamu terhindar dari Masalah Kerusakan yang lebih fatal. Semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done