5 Tips Merawat Kesehatan Baterai Smartphone Saat Mengisi Daya - politico
News Update
Loading...

Dec 19, 2019

5 Tips Merawat Kesehatan Baterai Smartphone Saat Mengisi Daya

Tips Merawat Kesehatan Baterai Smartphone

Tips Merawat Kesehatan Baterai Smartphone


Maks Pedia - Baterai Smartphone merupakan komponen yang paling penting sebagai penunjang kinerja smartphone agar bisa kamu gunakan sehari-hari. Oleh karena itu kamu wajib banget tau Cara Merawat Kesehatan Baterai Smartphone kamu supaya awet dan tahan lama hal ini merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh kamu sebagai penggunannya.

Namun, sepertinya banyak dari kita tidak mengetahui tentang Cara Merawat Baterai Smartphone yang Benar, lebih lagi saat kamu mengisi baterai saat dayanya mulai habis setelah digunakan. Dibawah ini telah di rangkum tips-tips yang harus kamu tau saat mengisi daya baterai supaya bisa lebih lama digunakan.

5 Tips Merawat Kesehatan Baterai Smartphone


1. Menggunakan Charger Bawaan Smartphone

Kamu sering meminjam charger hp teman, karena masalah charget hp kamu ketinggalan? Sebaiknya kamu meninggalkan kebiasaan ini. Walaupun charget tersebut bisa digunakan di hp kamu, namun arus daya yang dikeluarkan charget tersebut bisa saja berbeda, misalkan cuma 1 ampere dan hp kamu memerlukan daya arus sebesar 2 ampere. Hal ini bisa mempengaruhi kinerja pada baterai kamu. Oleh karena itu sebaiknya kamu selalu membawa charget bawaan hp kamu kemanapun kamu pergi.

2. Jangan terlalu sering mengisi daya baterai smartphone menggunakan Power Bank

Power Bank memang salah satu benda yang sangat penting bagi smartphone terutama saat kita bepergian dan jauh dari sumber listrik. Power bank bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone saat daya sudah menipis. Namun, apakah kamu tau kalau menggunakan power bank juga bisa membuat baterai kamu cepat rusak?

Pasalnya karena saat digunakan untuk mengisi daya baterai, power bank tidak sepenuh nya mengalirkan daya yang stabil sesuai dengan spesifikasi smartphone, dan juga memungkinkan besar bisa meledakan smartphone yang terjadi kerena power bank yang tidak sesuai dengan kualitas yang abal-abal. Namun sebaiknya jika ada colokan listrik di dekat kamu, lebih baik untuk menggunakannya saja jika dibandingkan harus menggunakan power bank.

3. Mengisi daya tidak harus menunggu baterai benar-benar habis

Kebiasaan ini bisa berakibat fatal, biasanya pengguna memakai smartphone sampai baterai benar-benar habis dan baru mengisi dari 0%, hal ini merupakan kesalahan besar yang bisa saja merusak baterai secara perlahan. Sebaiknya kamu mengisikanya saat baterai telah mencapai 20%. Hal ini bisa menjaga umur baterai agar lebih awet.

4. Mengisi daya baterai tidak sampai penuh

Saat kamu mengisi daya baterai sebaiknya jangan mengisi sampai penuh, Cukup sekitar 80% saja. Hal ini dapat mencegah penurunan kapasitas baterai akrena siklus tegangan semakin meningkat saat baterai mengisi daya sampai penuh. Oleh karena itu mulai lah dari saat ini kamu tidak perlu menunggu daya baterai saat mengisinya sampai penuh ntuk menggunnya lagi. Karena hal bisa berakibat fatal bahkan bisa merusak baterai smartphone kamu.

5. Jangan terlalu sering menggunakan USB Port komputer untuk mengisi daya

Jika kamu sering menggunakan laptop atau pc, tentunya sering menggunakan port USB yang ada di samping kiri atau kanan untuk mengisi daya baterai hp kamu. Sebaiknya jangan deh lagi menggunannya kalau tidak sedang mentransfer data atau tidak ada listrik untuk mengisi baterai.

Hal ini bisa berbahaya, karena post USB pada komputer memiliki arus daya yang kecil dan akan membuat pengisian daya sangat lama jika dibandingkan dengan colokan listrik pada umumnya. Selain penggunaan yang terlalu sering dapat menurunkan kualitad dari baterai kamu dan menjadinya cepat rusak dan tidak tahan lama.

Nah jadi itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk Menjaga Kesehatan Baterai Smartphone supaya lebih awet dan tahan lama, Terutama dengan berkembangnya bentuk baterai yang tidak bisa di lepas dari model smartphone keluaran terbaru membuat kita harus ekstra menjaga baterai samrtphone dari kemungkinan terjadinya kerusakan.

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done